BAB 1 Ruang Lingkup Biologi SMA Kelas X

Anda berada di BAB 1 Ruang Lingkup Biolog SMA Kelas X. Halo sobat Ideal Informasi, sekarang kita akan membahas tentang Ruang Lingkup Biologi SMA Kelas X.

A. Ruang Lingkup Biologi


Biologi berasal dari kata bios yang berarti hidup dan logos yang berarti pengetahuan. Jadi, Biologi dapat didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari makhluk hidup. Sebagai ilmu pengetahuan, ilmu Biologi mengkaji berbagai persoalan yang berkaitan dengan berbagai tingkatan organisasi kehidupan dan interaksinya dengan faktor lingkungan.

1. Objek Biologi
Objek biologi meliputi seluruh makhluk hidup. Pada awalnya Biologi memiliki tiga ragam objek berupa kerajaan (kingdom) yaitu:
a. Plantae (dunia tumbuhan)
b. Animalia (dunia hewan)
c. Protista

Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, ragam objek Biologi juga terus berkembang. Klasifikasi makhluk hidup yang semula dibagi menjadi 3 kingdom semenjak akhir abad ke-19 ragam objek Biologi berkembang menjadi 5 kingdom yaitu:
a. Plantae
b. Animalia
c. Protista
d. Monera
e. Fungi

Dalam perkembangan terakhir dunia makhluk hidup diklarifikasikan menjadi 6 kingdom yaitu:
a. Plantae
b. Animalia
c. Protista
d. Fungi
e. Eubacteria
f. Archaebacteria

2. Tema Persoalan Biologi
Objek-objek kajian Biologi akan semakin berkembang dengan kemajuan iptek yang sangat pesat, sehingga kajian masing-masing objek semakin kompleks dan rumit. Adapun kajian tersebut meliputi berbagai tema persoalan Biologi yaitu:
a. Biologi (sains) sebagai proses inkuiri (penemuan)
b. Sejarah perkembangan konsep Biologi
c. Evolusi
d. Keanekaragaman dan Keseragaman
e. Genetik dan keberlangsungan hidup
f. Organisme dan lingkungan
g. Perilaku
h. Struktur dan fungsi
i. Regulasi

Adapun tingkat organisasi kehidupan dari urutan yang paling sederhana hingga yang paling kompleks adalah:

1. Molekul

Pada tingkat molekul meliputi berbagai jenis biomolekul yang menjadi penyusun tubuh makhluk hidup, misalnya air, protein, lemak, karbohidrat, vitamin, DNA, dan RNA.

2. Sel

Pada tingkat sel meliputi: morfologi dan jenis sel, organel sel, fungsi sel, metabolisme sel, transportasi dalam sel, serta cara sel berproduksi.

3. Jaringan

Pada tingkat jaringan meliputi: macam jaringan, komponen jaringan, fungsi jaringan, komponen penyusun jaringan, serta pembentukan dan perkembangan jaringan.

4. Organ

Pada tingkat organ meliputi: jenis organ, penyusun organ, fungsi organ, perkembangan organ, transplantasi organ, serta kelainan pada organ.

5. Sistem Organ

Pada tingkat sistem organ meliputi: macam sistem, penyusun sistem, fungsi dari berbagai sistem, cara kerja sistem, dan kelainan pada sistem.

6. Individu/organisme

Pada tingkat individu/organisme meliputi: jenis organisme, kedudukan organisme dalam taksonomi, cara memperoleh makanan, cara bereproduksi, cara beradaptasi, dan lain-lain.

7. Populasi

Pada tingkat populasi meliputi: perkembangan pupulasi, jumlah kelahiran (natalitas), jumlah kematian (mortalitas), perpindahan (migrasi), dan kompetensi dalam populasi.

8. Komunitas

Pada tingkat komunitas meliputi: jenis populasi, kondisi lingkungan, hubungan timbal balik, interaksi antara makhluk hidup satu dengan yang lain, dan cara beradaptasi.

9. Ekosistem

Pada tingkat ekosistem meliputi: jenis ekosistem, komponen penyusun ekosistem, hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan, rantai makanan, jaring-jaring makanan, dan aliran energi, serta pengaruh pencemaran terhadap organisme di dalam ekosistem dan karakteristik ekosistem yang tercemar.

10. Bioma

Pada tingkat bioma meliputi: macam-macam bioma, ciri-ciri bioma, ciri-ciri iklim yang mempengaruhi, serta tumbuhan dan hewan khas yang terdapat dalam bioma.

11. Biosfer

Pada tingkat biosfer adalah bagian luar dari planet Bumi, mencakup udara, daratan, dan air, yang memungkinkan kehidupan dan proses biotik berlangsung.


B. Cabang-Cabang Biologi
Biologi merupakan bidang ilmu yang luas yang mencakup berbagai cabang bidang ilmu, untuk selengkapnya silahkan KLIK DISINI.


C. Manfaat dan Bahaya Perkembangan
Ilmu Biologi mengalami perkembangan yang sangat pesat, hal ini ditandai dengan munculnya berbagai macam cabang Biologi baru. Perkembangan ilmu Biologi ini jika di manfaatkan dengan baik dan untuk tujuan kesejahteraan manusia akan memberikan manfaat yang begitu besar.

Berikut ini beberapa manfaat perkembangan ilmu Biologi:
1. Membantu dalam menemukan dan mengembangkan bahan kebutuhan pokok manusia, seperti bahan makanan, pakaian, peralatan, dan perumahan, serta energi.
2. Penemuan bibit unggul, baik hewan ternak maupun tumbuhan (tanaman) pertanian yang membantu manusia untuk meningkatkan produk pangan.
3. Menyisipkan rahasia proses-proses kehidupan, pewaris sifat, dan gen, sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
4. Menemukan berbagai penyebab dan pengobatan berbagai macam penyakit, baik pada manusia, hewan, dan tumbuhan.
5. Pengolahan limbah runah tangga dan industri yang lebih ramah lingkungan dengan menggunakan organisme pengolang limbah yang telah ditelti dan ditemukan oleh peneliti.

Dari beberapa manfaat di atas, tidak sedikit pula orang yang menyalahgunakan perkembangan pengetahuan Biologi yang dapat menimbulkan bahaya bagi kita manusia dan makhluk lainnya. Beberapa bahaya perkembangan pengetahuan Biologi jika disalahgunakan yaitu:

1. Mengeksploitasi kekayaan alam tanpa memerhatikan keutuhan ekosistem srhingga tatanan lingkungan menjadi rusak, misalnya mengakibatkan banjir.
2. Penggunaan bakteri dan virus yang mematikan yang digunakan sebagai senjata biologis dapat merusak lingkungan biotik maupun abiotik.
3. Organisme baru hasil rekayasa genetika dikawatirkan akan dapat memenangkan kompetisi dan menyingkirkan organisme yang telah ada di alam sehingga dapat menimbulkan ketidakseimbangan alam.
4. Penggunaan bibit unggul mengkibatkan berkurangnya keanekaragaman hayati.
5. Penggunaan pestisida dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan hama menjadi resisten dan sisa pestisida yang tertinggal dapat mencemari lingkungan.


Contoh Soal-Soal BAB 1: Ruang Lingkup Biologi SMA Kelas X
1. Apa yang dimaksud jaringan?
2. Apa yang dikaji dari tingkat populasi?
3. Apa yang dimaksud Teratologi?
4. Sebutkan cabang-cabang Biologi yang mempelajari tentang kulit, obat-obatan, hewan, tumbuhan dan sel?
5. Sebutkan urutan tingkat organisasi kehidupan dari yang paling sederhana sampai yang paling kompleks?


Demikianlan Mata Pelajaran tentang BAB 1 Ruang Lingkup Biologi SMA Kelas X. Semoga Bermanfaat Bagi Anda Semua. Terima Kasih.

Referensi/Sumber:
Diah Aryulina dkk, Biologi 1, Esis, Erlangga

0 Response to "BAB 1 Ruang Lingkup Biologi SMA Kelas X"

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel di ideal informasi.

Diharapkan jika berkomentar, silakan menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar serta tidak mengisi link aktif.