Penyakit HIV/AIDS? Ketahuilah Artinya Sejak Dini


Penyakit Hiv Aids – Anda pasti penasaran bahwa penyakit yang satu ini merupakan penyakit yang tidak boleh diremehkan. Kenapa?, karena penyakit ini dibedakan menjadi dua yaitu HIV dan AIDS. Nah, untuk itu kita harus tahu apa itu HIV dan AIDS. Berikut adalah penjelasannya lebih lanjut:

HIV merupakan singkatan dari Human Immunodeficiency Virus. Nah, infeksi ini merupakan salah satu virus dari dua jenis virus yang secara progresif merupakan sel-sel darah putih. HIV sendiri adalah virus yang jika menginfeksi dapat menyebabkan menurunnya kemampuan dalam melawan infeksi virus, bakteri, jamur, parasit yang masuk ke dalam tubuh. Kerusakan sel-sel darah putih atau limfosit menyebabkan AIDS (Aquired Immunodeficiency Snydrome) dan penyakit lainnya sebagai dari gangguan kekebalan tubuh. Virus ini juga menyebabkan penderitanya rentan terhadap serangan kanker karena menurunnya kekebalan tubuh. Yang masing masing katanya mengandung arti yaitu:

  1. H - Human : sama artinya dengan manusia cuma beda tulisan. Virus ini hanya menyerang manusia. Jadi, HIV hanya menular antar manusia saja. Binatang seperti monyet, kelinci, kucing, nyamuk tidak akan menularkan HIV kepada manusia.
  2. I - Immunodeficiency : kekebalan tubuh yang menurun.
  3. V - Virus : merupakan benda yang sangat kecil yang dapat menularkan penyakit yang menginfeksi sel organisme biologis.

Jadi sudah tahu kan HIV itu apa? sulit dipercaya ya bahwa kalau terkena penyakit ini sel-sel darah putih kita akan rusak dan ujung-ujungnya kita akan sakit.

Sementara itu AIDS merupakan singkatan dari Acquired immunodeficiency syndrome adalah tahap lanjutan dari infeksi virus HIV yang telah anda baca di atas. Penularan virus HIV dapat terjadi melalui darah, air mani, hubungan seksual atau cairan vagina wanita. Namun virus ini tidak dapat menular lewat kontak fisik biasa seperti berpelukan, berciuman, atau berjabat tangan dengan seseorang yang telah terinfeksi HIV atau AIDS. Jadi, kita tidak perlu mengucilkan dan menjauhi mereka. Dari setiap huruf dari kata AIDS kita dapat menjelaskan kejelasannya yaitu:

  1. A - Acquired : Diperoleh atau didapatkan dari luar tubuhnya. Artinya AIDS bukan merupakan penyakit keturunan. AIDS hanya ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui berbagai cara penularan.
  2. I - Immune : Kebal atau terlindungi. Tubuh kita memiliki sistem kekebalan tubuh yang dapat menangkal berbagai penyakit  seperti flu, batuk, demam dan lain sebagainya kecuali ada orang yang tidak mempunyai kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh kita akan menangkal penyakit dengan membentuk antibodi, antibodi kalau diumpamakan sebagai prajurit penjaga di tubuh anda yang siap melawan serangan musuh (penyakit).
  3. D - Deficiency : Kekurangan. Dalam AIDS kata deficiency dilekatkan dengan kata immune, artinya tubuh kekurangan kekebalannya untuk melindungi diri dari bakteri dan penyakit secara efektif. Nah, untuk itu kita harus hidup sehat ya agar tidak kekurangan kekebalan pada tubuh, saya umpamakan anda membawa tameng yang siap menghadang musuh, tapi anda lupa tameng tersebut tidak dirawat dengan baik dan akhirnya tidak bisa menghadang musuh lantaran tameng yang anda miliki cepat rusak.
  4. S - Syndrome : Sekumpulan simptom - simptom yang menunjukkan adanya penyakit dalam tubuh kita. Dalam hal AIDS, ini berarti dalam tubuh kita sudah terdetekdi ada virus HIV dan tubuh kita sudah mengalami penurunan kekebalan tubuh yang membuat kita rentan terhadap infeksi - infeksi oportunistik, seperti TBC, Meningitis, lymphomadan lain-lain.

Jadi, AIDS adalah kumpulan gejala beberapa penyakit karena menurunnya sistem kekebalan tubuh kita.

Nah, sudah tahu kan apa itu AIDS?, Jadi, saya ingatkan lagi ya kalau penularan virus HIV tidak dapat menular lewat kontak fisik biasa seperti berpelukan, berciuman, atau berjabat tangan dengan seseorang yang terinfeksi HIV atau AIDS.

Semoga apa yang anda baca di halaman ini bermanfaat, Oh ya lupa, Selalu berdoa sesuai dengan agamanya masing-masing agar tidak terkena penyakit HIV / AIDS dan apabila ada yang sudah terkena penyakit ini semoga cepat sembuh dengan cara apapun. Tapi ingat cara yang baik ya jangan kebalikannya. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati Anda. Akhir kata Saya ucapkan terima kasih telah berkunjung di blog sederhana ini dan salam sehat dimanapun anda berada saat ini.

Comments

Popular posts from this blog

Arti Mimpi Muka Hitam atau Bernoda Hitam

Manfaat Daun Talas untuk Ternak dan bagi Kesehatan Anda

Arti Mimpi Melihat Gambar Hati Lambang Cinta