10 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan


Teh merupakan salah satu minuman yang bisa disajikan dalam keadaan dingin dan dalam keadaan hangat yang dapat di minum dalam suasana apapun. Ada beberapa jenis teh yang dapat ditemukan misalnya saja teh hijau, teh hitam dan beberapa teh lainnya. Salah satu yang yang memiliki manfaat tinggi yaitu teh hijau.

Sejak ribuan tahun lalu, teh hijau telah dikenal sebagai minuman yang memiliki khasiat menyembuhkan. Selain memiliki rasa yang nikmat dan aroma yang harum ternyata teh hijau juga terkenal banyak memiliki khasiat yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Hingga sekarang, penelitian mengenai teh terutama teh hijau masih terus dilakukan. Kandungan antioksidan yang tinggi seperti cathecin dan polyphenol membuat teh ini dapat melawan berbagai penyakit dan memiliki khasiat.


Teh hijau yang sering dijumpai di restoran Jepang ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Simak 10 manfaat teh hijau bagi kesehatan berikut ini.


1. Menurunkan berat badan


Dengan meminum teh hijau secara rutin akan meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Nah,jika ingin berat badan anda ingin turun maka cobalah minum teh hijau.

2. Baik untuk kulit


Jaga kecantikan kulit Anda dengan meminum teh hijau secara rutin, agar kulit anda tetap terjaga dan kencang. Karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Nah, Polifenol yang ada di dalam teh hijau juga akan membantu mencegah penuaan dini.

3. Menurunkan kolesterol

Teh hijau mengandung senyawa tanin yang dapat menurunkan LDL (low-density lipoproteins) atau yang lebih dikenal sebagai kolesterol jahat.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Antioksidan juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga dapat mencegah Anda terserang dari penyakit seperti influenza.

5. Baik untuk jantung

Penggumpalan darah merupakan penyebab utama terjadinya serangan jantung, dan teh hijau dapat membantu mencegah terjadinya penggumpalan darah. Nah, dengan meminum teh hijau penggumpalan darah pada tubuh sedikit demi sedikit akan lancar dan pada akhirnya memperlancar peredaran darah ke jantung.

6. Mengurangi stress dan depresi

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh American Botanical Council, dengan meminum teh hijau lebih banyak akan mengurangi kemungkinan terserang depresi. Amino acid yang terkandung oleh jenis teh ini juga mampu meredakan rasa cemas dan stress. Jika Anda mengalami stres dan depresi karena suatu hal maka minumlah teh hijau sebagai solusinya.

7. Menghilangkan bau mulut

Pernahkah anda mengalami yang namanya bau mulut? apalagi sedang berbicara dengan keluarga dan juga teman. Pada keadaan tersebut bau mulut anda dicium oleh mereka dan mereka pun berkata "oh bau mulutmu mengganggu." Pastinya anda ingin itu tidak terjadi di kehidupan anda. Nah, untuk menghilangkan bau mulut solusinya adalah meminum teh hijau.

8. Baik untuk gigi

Salah satu jenis antioksidan yang ada di dalam teh hijau yaitu Katekin yang mampu menghancurkan virus dan bakteri yang dapat menyerang kesehatan gigi dan tenggorokan.

9. Mencegah osteoporosis

Teh hijau juga memiliki kandungan fluoride yang tinggi dan juga antioksidan, sehingga akan menjaga tulang tetap kuat dan mencegah osteoporosis (kondisi saat kualitas kepadatan tulang menurun).

10. Membersihkan jerawat

Jerawat pada umumnya disebabkan oleh kotoran atau minyak yang menempel pada kulit sehingga membuat pori-pori kulit tertutup. Dengan mengkonsumsi teh hijau secara teratur kotoran dan minyak yang menempel pada pori-pori tersebut dapat di bersihkan, karena pada teh hijau terdapat zat antioksidan.


Tip Khusus : Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari teh, disarankan untuk menyeduh teh, daripada menggunakan kantong teh. Hal ini tidak hanya menambahkan rasa, tapi juga memungkinkan pelepasan antioksidan lebih banyak.

Popular posts from this blog

Arti Mimpi Muka Hitam atau Bernoda Hitam

Manfaat Daun Talas untuk Ternak dan bagi Kesehatan Anda

Arti Mimpi Melihat Gambar Hati Lambang Cinta