Cara Mudah Membuat Pesan Yang Tidak Terlihat

Cara Mudah Membuat Pesan Yang Tidak Terlihat - Jika suatu waktu kita ingin mengirimkan pesan rahasia atau Anda ingin menuliskan password Anda di atas kertas sehingga tak seorangpun dapat melihatnya, atau ingin mengirim pesan rahasia kepada seseorang? Nah, bagaimana cara membuat pesan dengan tinta yang tidak kelihatan, seolah-olah Anda adalah seorang agen rahasia. Berikut ini adalah salah satu cara untuk menyampaikan pesan agar orang lain tidak mengetahuinya. hal ini dapat kita lakukan menggunakan tinta yang tidak dapat dilihat oleh orang lain. Kamu dapat menggunakan cara yang sederhana ini untuk menyampaikan pesan rahasia kepada temanmu.




Alat dan Bahan:

1. Air
2. Air perasan lemon atau air (sari) jeruk
3. Baking soda
4. Bola lampu
5. Cat air
6. Cotton bud, tusuk gigi atau kuas
7. Jus Anggur
8. Kertas putih
9. Korek api
10. Krayon
11. Kuas
12. Lilin putih
13. Mangkuk kecil
14. Sendok


1. Menggunakan Perasan Lemon atau air (sari) jeruk


  • Peraslah separo buah lemon atau air (sari) jeruk dan tempatkan air perasannya ke dalam mangkuk.
  • Tambahkan beberapa tetes air. Aduk kedua bahan tersebut dengan sendok.
  • Celupkan cotton bud ke dalam campuran tadi dan tulislah pesan sebagaimana biasa di atas kertas putih. Anda juga dapat menggunakan bulu, tusuk gigi, pulpen, kuas atau pena kaligrafi sebagai pengganti cotton bud.
  • Biarkan tulisannya mengering. Ketika tinta sudah kering, pesan Anda akan hilang dan tidak terlihat.
  • Dekatkan kertas tersebut ke bola lampu atau bisa juga di atas nyala api lilin. Terus dekatkan kertas tersebut di bola lampu atau di atas nyala api lilin sampai tulisannya muncul.
  • Untuk membaca pesan yang ditulis dengan air perasan lemon atau air (sari) jeruk selain menggunakan nyala lilin dan bola lampu, Anda juga dapat menaruh kertas tersebut di bawah selembar kain, kemudian seterikalah kain tersebut agar tulisan pada kertas muncul.


2. Menggunakan Baking Soda


  • Campurkan 1/4 cangkir (60 ml) baking soda dengan 1/4 cangkir (60 ml) air dalam mangkuk dan aduklah dengan kocokan sendok.
  • Celupkan cotton bud atau kuas ke dalam campuran tersebut. Gunakan cotton bud atau kuas tersebut untuk menulis pesan di atas selembar kertas putih seperti biasa.
  • Tunggu sampai tinta mengering.
  • Dengan menggunakan kuas, sapulah kertas yang berisi pesan tersebut dengan air jus anggur, dan tunggu sampai tulisan pada kertas muncul.


3. Menggunakan Krayon Berwarna Putih


  • Tulislah pesan di atas secarik kertas putih menggunakan krayon berwarna putih.
  • Dengan kuas, sapulah kertas tersebut dengan cat air warna apa saja (asal bukan putih). Tulisan yang anda buat akan muncul.
  • Anda bisa mengganti krayon putih dengan menggunakan lilin berwarna putih untuk membuat pesan rahasia/tidak terlihat.
  • Sama dengan krayon, anda bisa memunculkan kembali tulisan anda dengan menyapukan cat air di atas kertas tersebut.
  • Jika menggunakan krayon putih, Anda tidak harus menyapu kertasnya dengan cat air. Cara lain yang bisa dilakukan yaitu bawalah kertas tersebut ke jendela pada siang hari. Bacalah pesannya dengan posisi kertas agak miring. Hasilnya memang tidak cukup jelas tergantung gaya penulisannya, tetapi Anda masih bisa membacanya dengan baik dan cara ini jauh lebih mudah.


Catatan:

Penerima surat harus mengetahui, bahwa ia harus memegang surat itu di atas nyala api lilin atau ke bola lampu. Tulisan itu akan memperoleh warna coklat dan mudah dibaca.

Sari jeruk menimbulkan perubahan kimiawi dalam kertas dan mengubahnya menjadi zat semacam selofan. Namun karena suhu nyalanya lebih rendah daripada kertas biasa, tempat-tempat yang ditulisi itu lebih cepat hangus. Berhati-hatilah jangan sampai kertasnya terbakar dan membuat anda terluka ketika anda memanaskan kertas tersebut.

Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, kini kamu telah mengetahui bagaimana cara membuat tinta tidak terlihat , kamu dapat menggunakan cara ini untuk menuliskan sesuatu yang sifatnya rahasia.

Comments

Popular posts from this blog

Arti Mimpi Muka Hitam atau Bernoda Hitam

Manfaat Daun Talas untuk Ternak dan bagi Kesehatan Anda

Arti Mimpi Melihat Gambar Hati Lambang Cinta