Manfaat Daun Nona Makan Sirih untuk Kesehatan

Manfaat Daun Nona Makan Sirih untuk Kesehatan - Nona makan sirih (Clerodendrum thomsoniae) adalah sejenis tanaman hias merambat anggota suku Lamiaceae (dulu dimasukkan ke dalam Verbenaceae). Asalnya dari Afrika barat tropis namun kini tersebar di seluruh penjuru dunia termasuk di Indonesia karena populer sebagai tanaman hias penaung.

Tanaman nona makan sirih ini biasanya ditanam sebagai tanaman hias di halaman rumah atau di taman-taman. Dapat ditanam di dalam pot atau langsung ditanam di atas tanah yang sedikit terlindung atau terkena langsung sinar matahari.


Deskripsi: Tumbuhan ini adalah liana lemah yang dapat mencapai panjang 4 meter, dengan daun oval sampai memanjang 8–17 cm. Bunganya tersusun sebagai cymosa, dengan 8-20 kuntum; kelopak bunga berwarna putih atau ungu pucat seperti bentuk hati - tiap kelopak ada 4 sisi yang mengelilingi mahkota bunga, mahkota bunga berwarna merah, panjang 2 cm.

Tanaman nona makan sirih dapat diperbanyak dengan biji, stek, atau dengan pemecahan akar.

Tanaman nona makan sirih berkhasiat sebagai obat herbal untuk mengobati beberapa penyakit, di antaranya radang selaput gendang telinga pada anak-anak.

Bagian tanaman yang dimanfaatkan untuk mengobati radang selaput gendang telinga pada anak-anak adalah bagian daun.

Tanaman nona makan sirih memiliki kandungan kimiawi yang dapat meredakan panas dan membersihkan racun atau toksin.

Siapkan 10-15 gram daun nona makan sirih lalu cuci bersih. Kemudian rebus daunnya dengan 3 gelas air hingga tersisa tinggal 1 gelas. Dinginkan lalu saring air hasil rebusannya, minum 2 kali sehari 1/2 gelas.

Khasiat dan Manfaat Daun Nona Makan Sirih untuk Kesehatan ini diketahui dari berbagai sumber dan Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Baca juga artikel kesehatan ideal informasi:

Popular posts from this blog

Arti Mimpi Muka Hitam atau Bernoda Hitam

Manfaat Daun Talas untuk Ternak dan bagi Kesehatan Anda

Arti Mimpi Melihat Gambar Hati Lambang Cinta