Mengenal Manfaat Dan Khasiat Jeruk Nipis Untuk Obat Herbal

Ideal Informasi - Tanaman Jeruk Nipis termasuk familia Rutaceae. Rasa buah jeruk nipis ini cukup asam dan tumbuh di daerah terbuka dengan sirkulasi udara yang baik serta hidup di tempat-tempat subur yang terkena langsung sinar matahari. Pengembangbiakannya dapat dilakukan dengan penyemaian biji atau bibit cangkokan.

Ciri-Ciri Tanaman Jeruk Nipis: Habitus perdu, tinggi sekitar 3,5 m; Batang berkayu, berduri, putih kehijauan; Daun majemuk, elips atau bulat telur, pangkal membulat, ujung tumpul, tepi beringgit, panjang 2-9 cm, lebar 2-5 cm, pertulangan menyirip, tangkai 5-2,5 mm, bersayap, hijau; Bunga majemuk atau tunggal, diketiak daun atau diujung batang, diameter 1,5-2,5 cm, kelopak bentuk mangkok, berbagi empat sampai lima, diameter 0,4-0,7 cm, putih kekuningan, benang sari 0,5-0,9 cm, tangkai sari kuning, bakal buah bulat, hijau kekuningan, tangkai putik silindris, kepala putik bulat, tebal, kuning, mahkota 4-5, bulat telur atau langset, panjang 0,7-1,25 cm, masih muda hijau setelah tua kuning; Akar tunggang, bulat putih kekuningan. Sedangkan untuk ciri lebih jelas, alangkah baiknya jika anda memperhatikan lampiran gambar yang sudah saya sediakan di bawah.

Gambar Jeruk Nipis

Pada umur 2 setengah tahun, jeruk nipis sudah mulai berbuah, bunganya berukuran kecil berwarna putih dan buah berbentuk bulat.

Kandungan kimia yang dimiliki jeruk nipis: buah mengandung saponin dan flavonoida disamping minyak atsiri, linalin asetat, geranil astat, asam sitrat, vitamin C, kalsium, fosfor, vitamin B1, zat besi, fellandren, sitral.

Kegunaan jeruk nipis dapat digunakan sebagai obat di antaranya: obat batuk, menambah nafsu makan, sembelit, ambeien, haid tak teratur, difteri, disentri, jerawat, kepala pusing, suara serak, sesak napas, bau badan, mencegah rambut rontok, kepala pusing tiba-tiba, vertigo, ketombe, flu, demam, malaria, menghentikan kebiasaan merokok, amandel, anyang-anyangan, mimisan dan dan masih banyak lagi.

Jeruk nipis dapat dijadikan sebagai obat herbal (apotik hidup) untuk mengobati beberapa penyakit, di antaranya:

Untuk obat batuk
Siapkan 1 buah jeruk nipis, 1 setengah sendok makan kecap, dan garam secukupnya. Belah jeruk nipis menjadi dua lalu peras airnya kemudian tambahkan kecap dan garam, aduk-aduk sampai rata di wadah yang bersih seperti gelas. Minum 1 kali sehari secara teratur sampai sembuh.

Untuk amandel
Siapkan 1 buah jeruk nipis, 1 setengah rimpang kunyit, 2 sendok makan madu, dan air. Jeruk nipis dibelah dan diperas sari airnya, kunyit diparut dan diperas airnya, kemudian campur air perasan jeruk nipis dan kunyit dengan madu dan diaduk dan tambahkan air secukupnya. Minum 2 hari sekali secara teratur.

Sakit difteri
Sediakan 2 jeruk nipis yang telah dicuci bersih, lalu diperas airnya. Kemudian seduh dengan satu gelas air panas dengan ditambah satu sendok makan madu. Gunakan untuk berkumur selama kurang lebih 2 menit saat masih hangat, lalu diminum. Lakukan tiga kali dalam sehari.

Menhilangkan jerawat dan bekas jerawat
Sediakan 1 jeruk nipis yang sudah diiris tipis-tipis, kemudian digosokkan pada kulit wajah. Atau bisa juga jeruk nipis yang tadi diiris di masukkan dalam wadah yang bersih lalu campurkan dengan air hangat, aduk-aduk kemudian air campuran tersebut digunakan untuk mencuci muka atau wajah.

Mengobati vertigo
Siapkan setengah genggam daun jeruk nipis muda yang sudah dilumatkan. Tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis. Kemudian gosokkan ke tengkuk, pelipis, dan dahi. Lakukan 2 kali dalam sehari.

Untuk perut mulas
Siapkan 1 buah jeruk nipis dan 1 rimpang kunyit sebesar ibu jari. Belah jeruk nipis lalu peras sampai airnya keluar, parut kunyit dan peras juga airnya kemudian campurkan kedua bahan tersebut dan tambahkan air hangat secukupnya lalu aduk-aduk hingga tercampur rata. Miminum 2 kali sehari setiap pagi dan sore.

Untuk disentri
Siapkan 2 potong akar pohon jeruk nipis, cuci akar pohon jeruk nipis dengan air bersih lalu rebus dengan 2 setengah gelas air sampai mendidih lalu disaring. Air rebusan yang sudah disaring diminum 1 kali sehari.

Untuk ambeien
Siapkan 2-4 potong akar pohon jeruk nipis, cuci bersih akar tersebut lalu rebus dengan 1,5 liter air sampai mendidih dan sampai air tersisa 1 liter kemudian saring. Minum air rebusan yang sudah Anda buat setiap sore secara teratur.

Untuk menghilangkan bau badan dan bau ketiak
Sediakan 1 jeruk nipis berukuran besar lalu potong menjadi dua bagian sama rata. Kemudian olesi bagian dalam jeruk nipis dengan kapur sirih. Setelah itu, oleskan di ketiak setelah mandi. Diamkan selama kurang lebih 5 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Untuk memperlancar haid
Sediakan 3 sendok makan air jeruk nipis, 1 sendok makan madu, dan dua gelas air panas. Ketiga bahan tersebut dicampur sampai sama rata. Minum selagi hangat. Lakukan 3 kali dalam sehari.

Sakit anyang-anyangan

Siapkan 2 jeruk nipis yang telah dicuci bersih lalu diperas kemudian diberi gula secukupnya dan satu gelas air panas. Aduk hangat-hangat sama rata, minum sekaligus 1 kali sehari.

Demikian catatan tentang Mengenal Manfaat dan Khasiat Jeruk Nipis Untuk Obat Herbal, dan saya rangkum dari berbagai sumber seperti wikipedia dan lain-lain. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Popular posts from this blog

Arti Mimpi Muka Hitam atau Bernoda Hitam

Manfaat Daun Talas untuk Ternak dan bagi Kesehatan Anda

Arti Mimpi Melihat Gambar Hati Lambang Cinta