Inilah Manfaat Herbal Sayuran Wortel Untuk Kesehatan

Manfaat Herbal Sayuran Wortel Untuk Kesehatan - Wortel adalah tanaman yang termasuk familia Apiceae. Nama ilmiah wortel dalam bahasa Latin ialah Daucus carota L.

Siapa yang tidak tahu wortel ? Wortel merupakan sayuran populer yang sudah dikenal oleh anak-anak maupun orang dewasa. Bentukya lonjong berwarna orange yang kaya akan kandungan kimia beta karoten, minyak atsiri, limonene, pirolidina, alkaloid daukina (bau seperti nikotina), dausina dan daukosterina serta mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

Wortel

Wortel dapat tumbuh sepanjang tahun, terutama di daerah dataran tinggi dengan ketinggian minimal 1000 mdpl dan memiliki suhu yang cukup dingin dan lembab, namun tetap membutuhkan sinar matahari.

Bagian wortel yang dapat dimakan adalah bagian umbi, selain dijadikan makanan seperti sayuran, bisa juga dengan cara dijadikan jus wortel dan kandungan vitaminnya hampir sama dengan wortel yang dimakan begitu saja.

Manfaat dan kegunaan wortel, di antaranya sebagai obat hipertensi, kesehatan mata, rabun senja, mata minus, deman pada anak, kolesterol, cacingan, luka bakar, eksim, batuk, nyeri haid, sembelit, menghaluskan wajah, kanker, dll.

Cara pemakaian wortel sebagai obat herbal, di antaranya:

Untuk mata minus

Parut beberapa wortel kemudian peras airnya. Diminum setiap pagi secara teratur.

Untuk cacingan
5 wortel yang sudah dikeringkan, lalu ditumbuk/parut sampai menjadi bubuk. Seduh dengan air secukupnya. Minum 2x sehari.

Untuk mengobati cacing kremi

Siapkan 5-7 umbi wortel lalu parut dan peras airnya. Tambahkan garang dan santn kelapa secukupnya lalu aduk rata. Minum menjelang tidur malam.

Untuk mengobati eksim
Parut 1 umbi wortel lalu campur dengan kapur sirih dan campur rata. Tempelkan pada bagian yang sakit, balut dengan perban.

Untuk nyeri haid
250 gr wortel dicuci, dipotong-potong. Beri sedikit air lalu diblender. Ramuan ini untuk diminum 2 kali sehari.

Untuk haluskan wajah
2-3 wortel dikupas, dicuci, lalu parut, dan diperas airnya. Oleskan ke wajah. Bisa juga setelah diparut langsung ketempatkan kewajah sebahai masker, sampai kering.

Demikian catatan tentang Manfaat Herbal Sayuran Wortel Untuk Kesehatan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Popular posts from this blog

Arti Mimpi Muka Hitam atau Bernoda Hitam

Manfaat Daun Talas untuk Ternak dan bagi Kesehatan Anda

Arti Mimpi Melihat Gambar Hati Lambang Cinta