Apa ya, Pengertian Perpustakaan Menurut Para Ahli ?

Apa ya, Pengertian Perpustakaan? tentu bagi sebagian orang yang belum mengetahui apa itu perpustakaan mungkin berpikir...

..apa itu perpustakaan? terutama yang belum mengenal tempat yang berisi berbagai buku yang disimpan di suatu tempat.

Dan juga perpustakaan dapat disingkat menjadi [Perpus] bagi anak sekolahan dan mungkin bisa berbeda pengucapannya di...

..setiap daerah. Tanpa panjang lebar lagi, berikut adalah pengertian perpustakaan yang dibagi menjadi 2 label yaitu Pengertian Perpustakaan I dan II.

Ilustrasi Gambar Perpustakaan

Pengertian Perpustakaan I

> Perpustakaan merupakan tempat yang berguna untuk menyimpan buku apa saja yang misal buku, koran, majalah, komik, buku kenangan tertentu, dll serta pastinya berguna bagi pembaca. Tempatnya misalnya di perpustakaan di sekolah, kampus, institut pendidikan, dan perpustakaan nasional.

> Dalam arti tradisional, perpustakaan adalah sebuah koleksi catatan, buku, majalah, koran, dll. Secara etimologisistilah perpustakaan berasal dari kata dasar “pustaka” yang kemudian ditambah awalan “per” dan akhiran “an” menjadi perpustakaan.

> Pustaka yang berarti buku, kitab. Dari kata dasarnya "pustaka" itu kemudian menimbulkan istilah turunan yang lain seperti: bahan pustaka, pustakawan, kepustakaan, dan ilmu pengetahuan.

> Dalam bahasa asing / luar negeri dikenal dengan istilah library (Inggris), liber atau libri (Latin), bebliotheek(Belanda), bebliothek(Jerman), bibilotheque(Perancis), biblioteca(Spanyol) dan biblia(Yunani).

Perpustakaan menyediakan berbagai macam dan jenis informasi yang meliputi bahan tercetak, terekam maupun koleksi lainnya agar pengguna perpustakaan dapat:

1. Mengambil berbagai ide dan buku yang ditulis oleh para ahli dan berbagai bidang ilmu.
2. Menunnbuhkan rasapercaya diri dalam menyerap informasi dalam berbagai bidang serta mempunyai kesempatan untuk dapat memilih informasi yang layak dan sesuai dengan kebutuhan pembaca.
3. Memperoleh kesempatan untuk mendapatkan berbagai informasi yang sudah tersedia di perpustakaan dalam rangka mencapai tujuan yang diinginkan.
4. Memperoleh informasi, pengetahuan, dll yang tersedia di perpustakaan untuk memecahkan suatu masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.


Pengertian Perpustakaan Bagian II

> Perpustakaan adalah mencakup suatu ruangan, bagian dari gedung / bangunan atau gedung tersendiri yang berisi buku-buku koleksi, yang diatur dan disusun demikian rupa, sehingga mudah untuk dicari dan dipergunakan apabila sewaktu-waktu diperlukan oleh pembaca - (Sutarno NS, 2006:11).

> Perpustakaan adalah kumpulan atau bangunan fisik sebagai tempat buku dikumpulkan dan disusun menurut sistem tertentu atau keperluan pemakai - (Lasa, 2007:12).

> Perpustakaan merupakan sebuah ruangan yang nyaman untuk membaca, bagian dari sebuah gedung, ataupun gedung itu sendiri yang digunakan untuk menyimpan berbagai buku atau buku tertentu dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan serta diletakkan menurut abjad tata susunan tertentu untuk digunakan pembaca, bukan untuk dijual.

> Lebih luas lagi, pengertian perpustakaan adalah salah satu unit kerja yang berupa tempat untuk mengatur, mengelola, menyimpan, dan mengumpulkan koleksi bahan pustaka secara sistematis untuk digunakan oleh pemakai atau pembaca sebagai sumber informasi sekaligus menambah wawasan dan pengetahuan sebagai sarana belajar yang menyenangkan.

Tetapi, dengan koleksi dan penemuan media baru sekarang selain buku untuk menyimpan informasi, banyak perpustakaan yang kini juga merupakan tempat penyimpanan dan / atau akses ke map, cetak atau hasil seni lainnya, mikrofilm, mikrofiche, tape audio, CD, LP, tape video, DVD, flashdisk, SD card, dll. Selain itu, perpustakaan juga menyediakan fasilitas umum yang dapat mengakses gudang data CD-ROM dan internet. Ini bisa dikatakan perpustakaan online karena menggunakan jaringan internet.

Demikian pengertian perpustakaan yang perlu ketahui. Karena banyak pengertian tentang perpustakaan dari berbagai sumber, dan Semoga bermanfaat bagi anda sebagai referensi tentang perpustakaan.

Sumber:
C. Larasati Milburga, et.all. (1986). Membina Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta: Kanisius
Ibrahim Bafadal. (2001). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
Qalyubi Syihabuddin dkk.(2007). Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga
Sulistiyo Basuki. (1993). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (1994). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
https://id.wikipedia.org/wiki/Perpustakaan

Comments

Popular posts from this blog

Arti Mimpi Muka Hitam atau Bernoda Hitam

Manfaat Daun Talas untuk Ternak dan bagi Kesehatan Anda

Arti Mimpi Melihat Gambar Hati Lambang Cinta