Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

Pada artikel kali ini kita akan membahas manfaat buah salak untuk kesehatan dan kecantikan
Buah salak dalam bahasa latin disebut sallaka edulis, sedangkan di Amerika dan Eropa buah salak disebut snake fruit karena bentuk kulit buah ini menyerupai sisik ular.

Salak merupakan tumbuhan yang tumbuh hanya di daerah tropis yaitu Indonesia, salak ada bermacam jenis yang tersebar di Indonesia. Buah salak tentu memiliki rasa yang berbeda-beda tergantung jenisnya. Ada buah salak yang rasanya manis dan ada pula yang sepat. Salah satunya salak yang berasal dari Bali yaitu salak gula pasir.

Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

Buah salak bisa diolah menjadi makanan maupun minuman yang tentunya menambah kuliner Nusantara. Disamping itu buah salak mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan.

Manfaat untuk kesehatan tubuh:


1. Meningkatkan kecerdasan otak

Wow.... meningkatkan kecerdasan otak? apa bisa? mungkin itu yang saat ini anda pikirkan. Menurut hasil penelitian menunjukkan bahwa buah ini juga mampu meningkatkan kinerja otak dengan membawa kandungan pottasium dan pektin, yang dapat menutrisi beberapa syaraf serta mampu memperlancar dan mengendalikan peredaran darah menuju otak. Nah, tidak salahnya buah salak dijadikan menu makan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak pada anak-anak supaya tambah pintar dan dapat juara di kelas.


2. Menjaga kesehatan mata

Nah sesuai judul " menjaga kesehatan mata" kita dapat mengetahui selain wortel, tomat, mangga, dan semangka buah salak mengandung lima kali lebih banyak betakarotin. Betakarotin inilah yang memenuhi kebutuhan kesehatan mata. Jadi kalau anda tidak suka memakan wortel, tomat, mangga atau semangka, buah salak bisa dijadikan makanan alternatif selain yang disebutkan.


3. Meningkatkan sistem imun

Buah salak dapat meningkatkan sistem imun, kandungan vitamin C yang terdapat pada salak dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus penyakit.


4. Mengobati diare

Selain Jambu, buah salak yang sepat menandakan tingginya kandungan tanin di dalamnya. Salak mengandung tanin yang telah banyak dikenal sebagai bahan pengobatan pada diare.
Tahukah anda? Kandungan tanin yang tinggi dapat menghambat proses buang air besar seseorang. Dalam dunia kefarmasian pun, kandungan zat tanin ini biasa digunakan sebagai bahan pembuatan obat anti diare. Namun jika Anda diare, konsumsilah buah salak yang rasanya sepat kira-kira 20 gram untuk mendapatkan terapi alami.


5. Kaya serat

Buah salak terdapat kulit ari, kulit bari ini kita dapat setelah kita mengupas buah salaknya. Nah kulit ari ini mengandung serat yang dibutuhkan tubuh untuk memperlancar pencernaan. Jadi setiap anda ingin mengupas salak untuk dimakan langsung, dijadikan makanan maupun minuman usahakan kulit ari buah salaknya jangan sampai dibuang.


6. Membantu proses diet

Kandungan karbohidrat yang cukup tinggi mampu untuk menahan lapar ketika sedang menjalankan program diet.


7. Mencegah pertumbuhan kanker

Buah ini juga kaya antioksidan yang dapat mencegah tumbuh-kembang sel kanker penyebab kanker.


Manfaat Untuk Kecantikan:

Buah salak bisa juga untuk kecantikan, salah satunya dijadikan masker untuk wajah, dengan berbagai macam vitamin yang terkandung pada buah salak berdasarkan kandungan gizi, membuat buah berkulit kasar seperti sisik ular ini memiliki manfaat yang bagus untuk kecantikan anda. Buah salak sangat baik untuk mencegah yang namanya penuaan dini pada kulit dengan melancarkan proses regenerasi kulit dengan baik.

Demikian manfaat buah salak untuk kesehatan dan kecantikan, semoga bermanfaat untuk anda semua dalam menambah wawasan dalam artikel tentang buah salak.

Comments

Popular posts from this blog

Arti Mimpi Muka Hitam atau Bernoda Hitam

Manfaat Daun Talas untuk Ternak dan bagi Kesehatan Anda

Arti Mimpi Melihat Gambar Hati Lambang Cinta