Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Tubuh

Berenang merupakan salah satu olahraga yang bermanfaat bagi tubuh, berenang dapat dilakukan di tempat rekreasi yang sudah disediakan atau juga bisa di pantai.

Berenang juga memiliki banyak gaya saat melakukan renang misalnya gaya bebas, gaya kupu-kupu, dll. Disamping banyak gaya yang disebutkan, Berenang sangat asyik dilakukan sendiri maupun bersama keluarga sambil olahraga.


Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Tubuh
Seorang atlit yang sedang berenang

Tidak salahnya renang dijadikan olahraga bagi orang yang suka berada di air, tapi ini tidak memungkinkan orang yang tidak suka tidak bisa melakukannya. Diharapkan mencari orang yang sudah berpengalaman untuk mengajari saat berenang.

Jadi anda sudah bisa berenang dan juga belum bisa berenang tidak perlu bersedih karena dengan usaha yang dilakukan berulang-ulang niscaya pasti bisa.

Sekarang saatnya manfaat berenang yang perlu diketahui, berikut adalah manfaat berenang bagi kesehatan tubuh:


1. Melatih Pernafasan

Berenang dapat melatih pernafasan paru-paru yang menjadikan seorang perenang dapat bertahan lama di dalam air.


2. Sehat Untuk Jantung

Berenang dapat anda gunakan untuk membantu kesehatan jantung karena saat melakukan olahraga renang ini membuat aliran darah menjadi lancar ke jantung yang membuat jenis olahraga air ini sehat untuk jantung.


3. Meningkatkan Kekuatan Tulang dan Otot


Kelebihan olahraga air ini adalah meningkatkan kekuatan tulang dan otot, jadi jika otot dan tulang anda ingin menjadi kuat, tidak salahnya olahraga ini sebagai olahraga rutin. Setelah anda melakukannya denga rutin dan ditambah dengan makanan bernutrisi tentu bisa melihat otot yang terlihat lebih keras dan ideal seperti para atlit perenang di seluruh dunia.


4. Meninggikan Badan

Salah satu upaya untuk meninggikan badan adalah berenang, berenang sangat efektif untuk membuat badan anda lebih tinggi dibanding dengan olahraga air dan juga olahraga lainnya.


5. Meredakan stress

Dalam melakukan olahraga air ini, berenang mampu meningkatkan suasana lebih tenang dan nyaman.
disaat berenang, sang perenang bersentuhan langsung dengan air yang membuat tubuh lebih sejuk dan membuat pikiran lebih rilek yang mengurangi dan menurunkan stres kita.


6. Meningkatkan Kebugaran Tubuh


Selain meningkatkan kekuatan tulang dan otot, manfaat berenang juga membentuk postur tubuh yang indah serta menjadikan tubuh bugar sepanjang hari agar aktivitas anda menjadi semangat.


7. Menurunkan Berat Badan


Jika anda sudah melakukan diet tapi belum bisa menurunkan berat badan atau melakukan olahraga lain tapi belum mendapat hasil yang maksimal. Dengan berenang dengan rutin maka dapat menurunkan berat badan dengan mudah.


8. Menurunkan Risiko Terkena Diabetes


Selain menurunkan berat badan di atas, berenang juga sangat efektif untuk menghindari anda dari terkena diabetes. dengan melakukan olahraga ini dapat menurunkan dan membakar kalori dan lemak serta gula dalam darah terbebas dari diabetes.


9. Usia Lebih Panjang


Siapa yang tidak mau usia lebih panjang? pasti semuanya ingin usianya panjang dan awet muda. Dari berbagai studi yang telah dilakukan, manfaat berenang diyakini dapat membantu dalam meningkatkan usia agar lebih panjang dan tetap bugar di hari tua. Jika anda ingin mendapatkan usia yang lebih panjang dan sehat, tidak ada salahnya anda melakukan olahraga air ini/renang secara rutin agar efeknya dapat membantu.


Demikian artikel tentang manfaat berenang bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui, berenang itu asyik dan menyenangkan jika dilakukan secara rutin serta membuat tubuh kita lebih sehat dan bugar. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Arti Mimpi Muka Hitam atau Bernoda Hitam

Manfaat Daun Talas untuk Ternak dan bagi Kesehatan Anda

Arti Mimpi Melihat Gambar Hati Lambang Cinta