Kiat Belajar Yang Sukses

Belajar adalah suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan pada diri seseorang sebagai hasil dari pengalamandan latihan menurut "Whiterington" belajar meliputi perubahan keterampilan, kebiasaan sikap, pengetahuan, pemahaman, dan apresiasi. Yang dimaksud pengalaman dalam belajar tidak lain adalah interaksi antara individu dengan lingkungan. Oleh sebab itu belajar adalah proses aktif, belajar adalah bereaksi terhadap semua situasi yang ada di sekitar individu. Belajar adalah suatu proses yang diarahkan kepada suatu tujuan, proses berbuat melalui pengalaman, belajar adalah proses melihat, mengamati, dan memahami sesuatu yang dipelajari.

Ilustrasi Gadis Sekolah

Agar belajar Anda sukses adalah beberapa petunjuk yang perlu diperhatikan : menurut " Nana Sudjana " (1987:165) ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses belajar yakni : cara mengikuti pelajaran di sekolah atau kuliah di perguruan tinggi, cara belajar mandiri, cara belajar kelompok, cara mempelajari buku pelajaran atau teks book dan cara menghadapi ujian.

A. Cara mengikuti pelajaran atau kuliah
Hal ini merupakan bagian terpenting dari belajar sebab dalam belajar tersebut sebagian bahan pelajaran bahan kuliah harus dikuasai. Ada beberapa petunjuk bagaimana mengikuti pelajaran atau kuliah di sekolah atau diperguruan tinggi antara lain :

1. Baca dan pelajari bahan pelajaran atau kuliah yang telah dikuasai lalu dan bahan yang akan selanjutnya dipelajari agar selalu siap menghadapi pelajaran. Ctatan yang belum dipahami untuk ditanyakan kepada guru/dosen pada saat pelajaran/perkuliahan berlangsung.
2. Periksa keperluan belajar sebelum anda berangkat ke sekolah, datanglah lebih cepat agar dapat tempatpaling depan untuk lebih mudah berkomunikasi dengan guru atau dosen.
3. Konsentrasikan pikiran anda pembebasan guru atau dosen dan mendengarkan apa yang dijelaskan penuh perhatian.
4. Catatlah pokok-pokok pembahasan dan hal-hal yang dianggap penting saja tentang pembicaraan guru/dosen.
5. Bertanyalah kepada guru/dosen apabila ada bagian yang belum dimengerti dan belum jelas.
6. Jika ada tugas untuk dikerjakan namun belum jelas mintalah penjelasan yang secukupnya sebelum mengerjakannya.
7. Seandainya guru/dosen mengemukakan pembicaraan mintalah kepadanya supaya menjelaskan rangkuman pembahasannya sehingga anda mengerti betul ruang lingkup materi yang telah dibahas.
8. Setelah guru/dosen meninggalkan ruangan sebaiknya anda menyamakan materi yang anda catat kepada teman anda untuk menjaga terjadi penapsiran anda terhadap apa yang telah dibahas oleh guru/dosen.
9. Jika guru/dosen memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah sebaiknya anda menghimpun diri dengan teman untuk membicarakan pokok-pokok pembahasan tugas tersebut akan lebih bagus jika anda mengadakan diskusi pada waktu dan tempat secara mengkhusus.
10. Biasakan belajar di perpustakaan apabila ada waktu luang atau sebelum dan sesudah pelajaran dimulai.

B. Cara belajar mandiri di rumah
Syarat utama belajar di rumah adalah adanya keterangan belajar misalnya memiliki jadwal pelajaran tersendiri sekalipun terbatas waktunya. Di sini bukan lamanya belajar yang diutamakan tetapi kebiasaan belajar yang diutamakan tetapi kebiasaan belajar teratur dan rutin itulah yang terpenting. Artinya belajar teratur di rumah selama dua jam seharisetiap harinya jauh lebih pentingdari pada belajar enam jam pada hari-hari tertentu saja. Ada beberapa petunjuk yang bisa anda pergunakan:

1. Pelajari kembali pelajaran yang telah diberikan di sekolah dan pelajari pula buku sumber yang berkenaan dengan teori tersebut, kemudian anda buat catatan yang lengkap dengan gaya dan bahasa anda sendiri.
2. Pada akhir catatan anda rumuskan pertanyaan-pertanyaan yang mencakup pertanyaan ingatan misalnya: bertanya mengenai batasan, dalil, rumus, istilah,nama orang, dll.
3. Cara belajar berikutnya pada anda tinggal melatih pertanyaan-pertanyaan tersebut sampai anda menguasainya.
4. Belajarlah pada saat tertentu yang paling memungkinkan bagi anda apakah sore hari, malah hari, pagi hari tidak menjadi persoalan asalkan cocok bagi pribadi anda sendiri.
5. Sebaiknya jangan anda memporsir belajar terus menerus dalam waktu yang cukup lama. Istirahatlah beberapa menit agar pikiran anda tidak lelah. Olah raga ringan, mendengar radio, TV pada saat istirahat akan membantu kesegaran otak anda.
6. Sebelum tidur biasakan anda membaca pertanyaan yang dibuat dalam hati saja. Jangan lupa ingatlah Tuhan sebelum tidur dengan membaca Doa. Lakukan hal diatas setiap hari agar menjadi biasa dengan cara tersebut.

C. Cara belajar kelompok
Belajar bersama pada dasarnya memecahkan persoalan secara bersama artinya setiap orang turut memberikan sumbangan pikiran dalam memecahkan persoalan tersebut sehingga diperoleh hasil yang lebih baik.
Ada beberapa petunjuk untuk belajar bersama antara lain:

1. Pilih teman anda yang paling cocok untuk bergabung dalam satu kelompok yang terdiri dari 3-5 orang anggota yang terlalu banyak biasanya kurang efektif.
2. Sepakati bersama kapan, di mana, dan apa yang akan dibahas, apa yang perlu diperdiapkan untuk keperluan diskusi tersebut. Lakukan secara rutin minimal satu kali dalam seminggu.
3. Setelah berkumpul secara bergilir tetapkan siapa pimpinan kelompok yang akamn mengatur diskusi dan siapa penulis yang akan mencatat hasil diskusi dan rumuskan pertanyaan atau permasalahan yang akan dipecahkan bersama serta batasi ruang lingkupnya agar pembahasan tidak menyimpang.
4. Bahas dan pecahkan setiap persoalan satu persatu sampai tuntas dengan cara memberi kesempatan setiap anggota mengajukan pendapatnya. Yang muncul dikaji secara bersama manakah yang paling tepat. Kesimpulan jawaban, yang telah disepakati bersama dicatat oleh penulis.

D. Mempelajari buku teks
Mempelajari buku adalah merupakan suatu keharusan bagi siswa, karena buku merupakan sumber ilmu, untuk itu kebiasaan membaca buku harus dibudidayakan dalam kehidupan anda. Dengan membaca buku anda lebih kaya dalam memahami ilmu atau bahan pelajaran yang diberikan oleh guru.
Berikut diberikan beberapa petunjuk bagaimana caranya mempelajari bahan pelajaran dari buku:

1. Tentukan dahulu masalah apa yang ingin anda ketahui dari buku tersebut kemudian lihatlah daftar isi dalam buku itu yang memuat bahan yang anda pelajari.
2. Bukalah halaman Bab yang anda kehendaki, lalu periksa butir-butir yang dimuat dalam bab tersebut. Seandainya bahan yang anda dan anda perlukan ada dalam butir tertentu maka bacalah segan seksama lalu catat hal-hal yang perlu dengan catatan anda sendiri serta berilah tanda pada bagian tertentu yang anda anggap penting.
3. Ulangi membaca Bab tersebut secara lebih mendalam, terutama bagian-bagian yang telah anda tandai. Catat hal-hal yang anda miliki tersebut pada catatan anda.

Semoga bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih.

Comments

Popular posts from this blog

Arti Mimpi Muka Hitam atau Bernoda Hitam

Manfaat Daun Talas untuk Ternak dan bagi Kesehatan Anda

Arti Mimpi Melihat Gambar Hati Lambang Cinta