Ngomong Seks Sama Orang Tua!!! Gimana Ya???

(Untuk 17+) Ngajak ortu ngomong soal seks? mungkin nggak sih! Sepertinya begitu banyak yang menghambat kalau kita menanyakan soal begituan sama ortu, padahal segudang pertanyaan tentang seks yang ingin kita tanyakan ke-ortu or orang dewasa.

Ilustrasi Keluarga
Ilustrasi Ngomong Seks Sama Orang Tua!!! Gimana Ya???/Copyright Pixabay.com

Mungkin nggak sih yang mustahil ini jadi nggak mustahil? Sebenarnya komunikasi soal seks sama ortu oke-oke saja dengan catatan kita tahu apa hambatannya. Mau tahu hambatan yang menghadang di depan mata kalau mau ngomongin seks sama ortu? Simak saja berikut ini....

* Konsep yang Salah Tentang Seks pada Ortu mau-pun remaja
Baik Ortu maupun remaja, terkadang salah mengartikan apa sebenarnya arti dari kata seks itu. Umumnya sih, semua beranggapan seks itu tabu untuk dibicarakan. Padahal seks itu mempunyai arti yang sangat luas dan bukan hanya berarti hubungan seks.

* Remaja Menganggap Ortu itu Sok Tahu
Nah, kebalikannya nih, ada remaja justru tidak mau bertanya ke-ortu karena ortu bakalan menjelaskan panjang lebar kayak ceramah, namun terkesan menggurui, sok ngelarang ini, itu dan sebagainya. Sehingga remaja lebih suka membicarakan masalah seks dengan teman-temannya yang di anggap senasib sepenanggungan, lebih mengerti dan enak diajak ngobrol.

* Remaja Malu Kalau Diajak Ngomong "Begituan"
Hayo ngaku aja deh...!!! Di antara kita pasti masih ada yang wajahnya tersipu-sipu kalau diajak ngomong soal seks. Sebagai remaja ada yang berpikir bahwa masalah seks itu sangat pribadi, bener nggak?

* Ortu Niat Tapi Nggak Tahu Cara Ngomongnya
Ortu kadang kala sudah mulai memikirkan untuk  mengajak anaknya nerkomunikasi tentang seks, tapi bagaimana caranya? Walaupun ortu ngerti tentang pentingnya pendidikan seks, tapi cara ngomongnya gimana, ya bisa jadi ortu bisa salting alias salah tingkah kalau anaknya bertanya soal seks.

* Ortu Nggak Tahu Apa yang Mesti di Omongin
Peristiwa ini biasanya dilatarbelakangi minimnya informasi ortu tentang seks. Misalnya mau ngejelasin tentang bagaimana dan dari mana bayi itu lahir sulit sekali rasanya. Tapi yang keluar malah "kamu kamu karena jatuh dari langit...." mustahil khan....!!!

Nah..... kalau kamu sudah tahu hambatan-hambatannya, kita bisa donk mengambil keputusan yang baik, tapi kalau ternyata antara remaja dan ortu tetap sulit ngomongin masalah beginian, jangan terus putusasa dan kabur dari rumah. Masih banyak sumber informasi yang bisa kita dapat misalnya buku  tentang pengetahuan seks, atau sumber-sumber yang lainnya. Nah selamat mencoba....

Comments

Popular posts from this blog

Arti Mimpi Muka Hitam atau Bernoda Hitam

Manfaat Daun Talas untuk Ternak dan bagi Kesehatan Anda

Arti Mimpi Melihat Gambar Hati Lambang Cinta