Penyakit Asma dan Sinusitis Bisa Diatasi dengan Isoflavon Kedelai

Penyakit Asma dan Sinusitis Bisa Diatasi dengan Isoflavon Kedelai - Anda tahu asma? Asma disini bukan nama perempuan, melainkan penyakit yang disebabkan oleh terjadinya gangguan pada pernapasan.

asma
Penyakit Asma dan Sinusitis Bisa Diatasi dengan Isoflavon Kedelai/Gambar copyright Starberita.com

Asma kronis membuat penderitanya sangat sengsara. Betapa tidak, bila sudah kambuh tidak bisa melakukan aktivitas apa-apa karena sudah disibukkan dengan keluhannya itu. Seperti halnya alergi, asma sulit disembuhkan sampai tuntas. Yang bisa dilakukan hanyalah menekan gejalanya sehingga penderita bisa hidup normal.

Serangan asma sangat berkaitan dengan daya tahan tubuh. Asma disebut penyakit (intermiten) atau penyakit yang munculnya sebentar-sebentar. Sekitar 30-50% asma disebabkan faktor keturunan. Pemicunya adalah kontak tubuh dengan sesuatu yang dapat membuat alergi. Tungau, debu, udara dingin, bulu binatang, asap, obat-obatan tertentu bahkan olahraga tertentu dapat menjadi pemicunya.

Walaupun belum bisa dibuktikan secara ilmiah, faktor lingkungan yang makin parah diduga menjadi pemicunya. Polusi udara, dan pola makanan yang telah berubah diduga juga telah menjadi pemicu makin banyaknya kasus asma saat ini. Sebab, seperti kita ketahui, makanan sekarang banyak menggunakan zat aditif buatan. Untuk menghindari kumatnya asma, yang sangat perlu dilakukan adalah mengidentifikasi faktor penyebabnya. Setelah itu barulah dengan menambah daya tahan tubuh, seperti berolahraga dengan teratur, beristirahat dengan cukup, dan tentunya mengosumsi makanan atau minuman kesehatan. Untuk itu, mereka perlu mengosumsi zat-zat gizi yang mampu meningkatkan sistem imun, apalagi yang berfungsi sebagai antioksidan. Bagi anak, apel dapat mengurangi gejala asma karena mengandung antioksidan yang tinggi. Tapi bagi orang dewasa, biji kedelai lebih bermanfaat, selain berperan sebagai antioksidan, isoflavonnya mampu menambah daya tahan, meningkatkan metabolisme, dan mengganti sel yang rusak.

Begitupula dengan sinusitis. Gejalanya adalah bersin-bersin menahun. Tapi menurut penelitian bersin-bersin yang disebabkan sibusitis biasanya tak terlalu sulit disembuhkan. Yang sulit adalah yang berupa gejala alergi. Meskipun penyebabnya sangat kompleks, reaksi alergi masih berkaitan dengan ketidaklancaran metabolisme tubuh. Sinusitis dapat diatasi dengan kedelai dan yang sangat besar perannya dalam memperlancar metabolisme adalah isoflavon. Senyawa alkaloid ini keketaui sangat kaya akan manfaat. Selain mampu menjadi absorben atau penyerap racun dan radikal bebas dalam tubuh lalu membuangnya melalui kotoran, isoflavon juga dapat memperbaiki jaringan-jaringan tubuh yang rusak serta meningkatkan sistem imun. Kinerja senyawa inilah yang membuat gejala alergi itu menurun intensitasnya

Semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.

Comments

Popular posts from this blog

Arti Mimpi Muka Hitam atau Bernoda Hitam

Manfaat Daun Talas untuk Ternak dan bagi Kesehatan Anda

Arti Mimpi Melihat Gambar Hati Lambang Cinta