Tumbuhkan Minat Baca, Mulailah dari Rumah (TIPS untuk Orang Tua)

ideal informasi - Buku adalah jendela dunia. semakin banyak orang membaca, maka semakin banyak pula yang ia ketahui tentang dunia. Orang bijak mengatakan, jika kita ingin menjadi orang yang pintar, bacalah buku. Bagaimana dengan anak anda? Sudahkah membaca menjadi suatu kebiasaan untuk mengisi waktu luang?

Ada beberapa tips yang dapat merangsang anak kita untuk tertarik membaca buku. Berikut beberapa tips yang perlu dilakukan.

Tumbuhkan Minat Baca, Mulailah dari Rumah (TIPS untuk Orang Tua)
Tumbuhkan Minat Baca, Mulailah dari Rumah (TIPS untuk Orang Tua)/copyrigt Pixabay.com


Kenalkan buku sejak dini
Menurut para pakar, minat baca pada anak perlu dikembangkan sedini mumgkin. pepatah lama mengatakan "tak kenal maka tak tahu". Agar anak berminat membaca, orang tua harus memperkenalkan jenis buku-buku bacaan pada anak sedini mungkin, bahkan sebelum anak mulai belajar membaca dan menulis. Sebaiknya anak mulai diperkenalkan pada buku bacaan sejak anak berumur 4 tahun. Umumnya, pada usia ini anak mulai menaruh minat pada sesuatu.

Beri buku yang menarik
Agar anak tertarik "berkenalan" dengan buku bacaan, maka orang tua harus memahami jenis-jenis buku yang menarik perhatian anak. Anak-anak umumnya tertarik pada buku bacaan yang bergambar dan penuh warna.

Sebagai perkenalan awal, orang tua bisa memberikan berbagai macam buku bacaan dengan gambar berwarna-warni, namum pilih yang berisi beragam pengetahuan, misalnya pengetahuan umum atau pengetahuan alam.

Sekarang telah banyak beredar buku-buku bacaan yang bergambar dan berseri untuk anak-anak yang berisi pengetahuan alam sederhana yang bisa di dapat di toko-toko buku terkemuka di kota. Sedapat mungkin, jangan terlalu banyak memberi komik karena akan membuat anak kecanduan dan malas membaca buku-buku nonkomik.

Bermain ke perpustakaan
Pada waktu liburan atau waktu senggang, daripada sekedar mengajak anak-anak berjalan-jalan di mall, mengapa kita tidak ajak mereka mengunjungi perpustakaan atau taman bacaan yang ada di kota Anda. Jika anak Anda suka ke pusat pembelanjaan, arahkan anak untuk mengunjungi toko buku dan ajak untuk memilih beberapa buku yang menarik dan berguna untuk menambah pengetahuan anak.

Orang tua menjadi contoh
Seperti dikrtahui, anak selalu menirukan tingkah laku orang-orang yang ada disekitarnya, termasuk orang tua mereka. Karena itu, orang tua harus menjadi contoh yang baik bagi anak-anak mereka. Jika orang tuanya seorang pecinta buku, maka 90% anaknya akan menjadi kutu buku pula. Maka, orang tua pun perlu menumbuh-kembangkan mintnya terhadap buku,

Bikin kuis keluarga
Sesekali luangkan waktu bersama anak untuk mengadakan kuis keluarga. Caranya, orang tua mesti membuat pertanyaan-pertanyaan yanf berkaitan dengan sebuah buku atau beberapa buku yang sebelumnya dibaca bersama. Anak boleh mendapatkan hadiah-hadiah kecil yang menarik sebagai bentuk penghargaan jika ia berhasil memenangkan kuis ini. Kuis-kuis kecil ini tentu akan memoyivasi minat anak membaca buku. Akan lebih berguna jika buku-buku yang menjadi sumber bahan kuis ini adalah buku-buku ilmu pengetahuan.

Batasi menonton televisi
Televisi dapat membuat penontonnya kecanduan dan malas mengerjakan aktivitas lain. Maka, orang tua pun harus tegas membatasi jam-jam tertentu dan acara tertentu, ajak anak untuk melakukan aktivitas lain yang lebih berguna. Misalnya, membaca buku dan membahasnya secara bersama-sama, Selain menumbuh-kembangkan minat anak terhadap buku, kegiatan ini akan mempererat keakraban antara orang tua dan anak.

Taman bacaan di rumah
Cara yang lain untuk menumbuhkan minat baca pada anak adalah memiliki taman bacaan sendiri di rumah. Selain untuk dibaca sendiri, anak-anak juga bisa mengajak kawan-kawannya untuk membaca di perpustakaan keluarga ini. Dengan demikian, anak juga bisa belajar bergaul dan bersosialisasi dengan kawan-kawannya. Namun orang tua hasrus memberikan peraturan yang jelas dalam hal peminjaman buku, agar koleksi perpustakaan dirumah tidak mudah "menguap" begitu saja. Jika perlu, buat peraturan bahwa bukun tidak boleh dibawa pulang tetapi cukup dibaca di dalam taman bacaan saja.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan kepada anda semua, semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Arti Mimpi Muka Hitam atau Bernoda Hitam

Manfaat Daun Talas untuk Ternak dan bagi Kesehatan Anda

Arti Mimpi Melihat Gambar Hati Lambang Cinta