Cara Menghapus URL Blog Dari Hasil Pencarian Google

Menghapus URL halaman atau postingan yang sudah kadaluwarsa pada website/blog yang sudah dipublish bisa di lakukan secara mudah melalui dashboard Blogger dengan nencari url lalu menghapunya. Tapi itu belumlah cukup, karena akan tetap muncul atau jejaknya masih ada dalam semua mesin pencarian ( mesin pencari paling populer dan terbaik no.1 di dunia serta paling sering digunakan di dunia adalah Google )

Mesin pencarian akan menganggap link URL yang kadaluwarsa tersebut sudah tidak berfungsi lagi. URL yang tidak berfungsi ini akan berdampak buruk pada semua mesin pencari. Dampak membiarkan URL kadaluwarsa akan susah bersaing di SERP dan berdampak penurunan kualitas pagerank. "Wah, saya tidak mau itu terjadi" Mungkin itu yang anda pikirkan sekarang.

Apa yang menyebabkan URL bisa Kadaluwarsa atau tidak aktif ?

Yang menyebabkan URL bisa kedaluwarsa atau tidak aktif adalah Halaman content url blog atau web sudah tidak ada lagi. Biasanya ini karena salah ketik url saat pertama posting artikel dan sudah terlanjur terindeks di mesin pencari. Pada saat robot engine google menelusuri web/blog, halaman tersebut sudah tidak ditemukan lagi, jadilah url kadaluwarsa ada di webmastertools.

Biasanya URL yang tidak ditemukan selalu ditandai dengan pernyataan "404 Custom Page Not Found". Jika mengacu pada pengoptimalan SEO, hal ini akan merusak citra sebuah website/blog. Dan pengunjung tidak suka itu, karena pengunjung mencari informasi yang di cari di mesin pencarian lalu menemukan link yang bermanfaat kemudian menuju blog/website yang menyajikan halaman tersebut, tapi pengunjung kecewa karena halaman yang dicari sudah kedaluwarsa dan muncul "404"

Jika halaman yang anda miliki terjadi dengan ciri-ciri di atas, maka harus dilakukan penghapus URL dengan cara permanen tentunya tidak akan mempengaruhi kinerja blog di mata search engine, dan tidak dimunculkan lagi di mesin pencari, dan para pencari/pengunjung yang mencari informasi pun tidak akan terjebak dengan link postingan yang rusak dari link postingan website/blog Anda.

Sebenarnya kalau mau menelusuri isi Webmaster Tools seperti Google, Bing, dan Yahoo dari masing-masing mesin pencari yang di sebutkan dapat menemukan kesalahan mengetahui alamat URL website/blog yang bermasalah di mata mesin pencari. Berikut tips dan cara menghapus url dari hasil pencarian Google dengan tiga tahapan yang disebut GAMPIL atau bisa disingkat Gampang Mudah Terampil.

A. Tahap Pertama (Gampang)

  1. Masuk terlebih dahulu ke akun Google
  2. Kunjungi Google Webmaster Tools
  3. Pilih Blog yang ingin URL postingannya dihapus.
  4. Lanjut ke penjelasan tahap kedua di bawah.

B. Tahap Kedua (Mudah)


Cara Menghapus URL Blog Gambar Pertama

  1. Selanjutnya pilih menu Perayapan >> Kesalahan Perayapan.
  2. Jika ditemukan kesalahan perayapan pada url di versi Desktop maupun Mobile dan lihat url yang disarankan untuk dihapus.
  3. Kemudian segera copas link URL yang ditampilkan kepada anda atau bisa menekan tombol ambil pada no 4 di gambar untuk disimpan di PC.
  4. Setelah anda copas satu per satu atau menekan tombol ambil, silahkan di buka hasilnya yang sudah didapat tadi. Sebagai contoh url yang di dapat: http://idealinformasi.blogspot.com/2017/05/cara-menghapus-url-blog-dari-hasil-pencarian-google.html,404,,bla-bla dan seterusnya....
  5. Lanjut ke penjelasan tahap ketiga di bawah.

C. Tahap Ketiga (Terampil)

Setelah anda mengikuti tahap pertama dan kedua di atas, sekarang di tahap ketiga yang akan menentukan keberhasilan anda dengan cara terampil:

Cara Menghapus URL Blog Gambar Kedua

  1. Cari menu Google Indeks.
  2. Kemudian cari menu Hapus URL, tunggu sampai muncul tombol Sembunyikan sementara.
  3. Setelah itu tekan tombol sembunyikan sementara, kemudian akan muncul kotak pengisian url yang akan di hapus.
  4. Masukkan url yang akan dihapus (sebagai contoh url yang saya gunakan di tahap kedua), tulis sampai http://idealinformasi.blogspot.com/2017/05/cara-menghapus-url-blog-dari-hasil-pencarian-google.html sebelum tanda ,404,,bla-bla dan seterusnya....
  5. Kemudian tekan tombol Terus.
  6. Kemudian muncul informasi lanjutan, seperti informasi URL yang akan di hapus serta "jenis permintaan". Pilih jenis permintaan yang akan anda gunakan, (kalau saya memilih yang pertama). Kemudian tekan tombol "Kirim Permintaan" dan tunggu sampai prosesnya selesai.
  7. Dan terakhir selesai.

Tambahan Informasi :
  • Cara di atas bisa berubah atau tidak sama kalau ada perubahan menu, tata letak dan lain sebagainya di Google Webmaster Tools.
  • Apabila anda memasukkan url yang masih belum kedaluarsa/masih aktif dengan tidak sengaja di menu "Hapus URL", segeralah batalkan dengan tombol batal yang sudah disediakan di halaman yang anda masukkan url yang aktif.
  • URL yang saya jadikan contoh di atas adalah sebagai panduan saja, dan diharapkan jangan dipakai sebagai uji coba saat menghapus url.
  • Saya tidak bertanggung jawab atas kerugian/hilangnya url yang anda gunakan pada saat penghapusan url yang masih aktif.
  • Tunggu beberapa hari akan keluar status URL "Kadaluwarsa".

Demikian Cara Menghapus URL Blog Dari Hasil Pencarian Google. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati anda dalam artikel yang saya sajikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Response to "Cara Menghapus URL Blog Dari Hasil Pencarian Google"

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel di ideal informasi.