Wujudkan Sekolah yang Aman, Nyaman, dan Menyenangkan Melalui Ekstra Kurikuler PKS

Di dalam konsep Wawasan Wiyata Mandala, sekolah dipandang sebagai lingkungan pendidikan. Pendidikan di sekolah diwujudkan dalam bentuk proses belajar-mengajar (PBM).

Dalam proses ini diharapkan para siswa mampu menumbuhkembangkan sikap kreatif, inovatif, dan demokratis, serta keinginan untuk terus maju.

PBM akan dapat berlangsung dengan baik jika sekolah memiliki suatu ketahanan. Ketahanan sekolah maksudnya adalah suatu kondisi dinamis tentang kemampuan dan ketangguhan sekolah dalam menghadapi ancaman gangguan hambatan dan, tantangan, (AGHT) yang timbul dari dalam dan luar sekolah baik langsung maupun tidak langsung yang dapat mengganggu proses belajar-mengajar.

Logo Patroli Keamanan Sekolah (PKS)


Untuk mewujudkan ketahanan sekolah itu salah satu langkah yang bisa ditempuh adalah membentuk ekstra kurikuler (eskul) Patroli Keamanan Sekolah (PKS). Pembentukan ekskul baru ini didukung oleh institusi Polri karena sejalan dengan konsep Pengamanan Swakarsa yaitu sistem pengamanan yang timbul, tumbuh dan berkembang secara simultan dari dalam dirinya sendiri.

Dengan adanya PKS diharapkan dapat dicegah hal-hal yang dapat mempengaruhi ketahanan sekolah seperti: menurunnya disiplin siswa, penyalahgunaan narkoba, minuman keras, kebiasaan merokok, dan kecelakaan lalu lintas, dsb.

Melalui PKS diharapkan siswa berperan serta secara aktif dalam upaya menegakkan disiplin dengan mematuhi peraturan tata tertib, saling menghormati dan menghargai sesama warga sekolah, dan mampu menjaga nama baik diri sendiri, orang tua, keluarga maupun sekolah.

Dengan demikian sekolah dengan sebagai lingkungan pendidikan akan menjadi tempat belajar yang kondusif, aman, nyaman dan menyenangkan.

Ideal Informasi - Wujudkan Sekolah yang Aman, Nyaman, dan Menyenangkan Melalui Ekstra Kurikuler PKS.

0 Response to "Wujudkan Sekolah yang Aman, Nyaman, dan Menyenangkan Melalui Ekstra Kurikuler PKS"

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel di ideal informasi.