Kenapa Kecepatan Tumbuh Kuku Tangan dan Kuku Pada Kaki Berbeda? Inilah Jawabannya

Kali ini kita akan membahas kecepatan tumbuh kuku, pernahkah anda memerhatikan kuku pada jari tangan tumbuhnya lebih cepat daripada kuku pada jari kaki? Mau tahu jawabannya? Simak penjelasan berikut ini.

Apa itu kuku?

Kuku tumbuh dari sel mirip gel lembut yang mati, mengeras, dan kemudian terbentuk saat mulai tumbuh dari ujung jari. Fungsi kuku jari tangan dan kuku jari kaki adalah untuk melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh.

Gambar Kuku Jari Tangan

Setelah anda mengetahui apa itu kuku, mungkin pada saat anda membaca artikel ini mungkin anda sedang melihat kuku sendiri atau kuku milik orang lain. Selanjut ke penjelasan kenapa kuku pada jari tangan tumbuhnya lebih cepat daripada kuku pada jari kaki?

Karena kuku dihasilkan oleh sel-sel kulit pada jari. Pertumbuhan kuku sangat dipengaruhi oleh aktivitas sel-sel kulit itu. Aktivitas sel-sel ini dipengaruhi oleh berbagai hal seperti lingkungan gelap (di dalam sepatu cendrung membuat aktivitas sel menurun), suhu (suhu panas mempercepat proses metabolisme sel, sehingga kuku lebih cepat tumbuh), sistem sirkulasi darah (semakin jauh dari jantung semakin sedikit pasokan darahnya sehingga mengurangi aktivitas sel) dan juga sifat keturunan.

O, ya, jenis jenis kelamin juga berpengaruh juga lho!

Kuku yang dimiliki laki-laki lebih cepat panjang dibandingkan dengan kuku perempuan, kenapa bisa begitu? Karena lingkungan yang pengap juga mempengaruhi kuku (karena tertutup saat memakai sepatu) dan jaraknya paling jauh dari jantung membuat pertumbuhan kuku jari kaki terhambat.

Demikianlah kecepatan tumbuh kuku jari tangan dan kuku jari kaki, semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi anda dalam menambah wawasan dan pengetahuan tentang kuku. Terima kasih.

0 Response to "Kenapa Kecepatan Tumbuh Kuku Tangan dan Kuku Pada Kaki Berbeda? Inilah Jawabannya"

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel di ideal informasi.

Diharapkan jika berkomentar, silakan menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar serta tidak mengisi link aktif.