Cara Membuat Pupuk Kompos Organik Sederhana, Baca lalu Praktekan!

Ideal Informasi - Cara Membuat Pupuk Kompos Organik Sederhana - Bertemu lagi bersama saya dihari ini yang cerah, saking senangnya saya membuat artikel sesuai judul di atas, para pembaca pun ikut senang...

...kenapa pembaca senang ? karena para pembaca menemukan artikel ini di internet secara kebetulan..

...melihat judul yang saya buat [cara membuat pupuk kompos organik sederhana] lalu melihat url alamat site-nya kemudian deskripsinya, lalu di klik dan anda berada di halaman ini yang sudah anda baca sekarang.

Nah, kembali ke topik membuat pupuk kompos, pernahkah anda melihat sampah daun? kalau pernah apakah anda pernah berpikir untuk membuat pupuk organik sederhana? pasti pernah kalau tidak mana mungkin anda berada di halaman tentang membuat pupuk hehehe.



Apa yang dimaksud sampah organik? Sampah organik yaitu sampah yang bisa di daur secara alami bukan sampah nonorganik yang perlu penaggulangan atau diolah secara khusus. Limbah yang berasal dari sisa makhluk hidup (dari alam) seperti tumbuhan, hewan, manusia, yang mengalami pembusukan atau pelapukan alami itu namanya sampah organik...

..sebenarnya membuat pupuk kompos organik itu cukup sederhana, hanya saja ketekunan, rajin melakukannya, disiplin tentunya, dan banyak bersyukur karena anda bisa mengolah sampah organik menjadi pupuk yang akan diberikan ke tanaman seperti tanaman hias, tanaman di kebun, di ladang maupun di sawah dan lain sebagainya.

Sebagai contoh sampah organik yang mungkin anda jumpai di kehidupan sehari-harimisalnya saja sampah daun, kulit buah pisang, buah jeruk yang sudah tidak bisa di makan, sampah daun pisang, rumput, buah apel yang sudah dimakan yang cuma meninggalkan sisa gigitan, dan banyak sampah organik yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu...

..kenapa saya tidak menyebutkan satu persatu, karena sampah organik yang ada di seluruh dunia sangat banyak.

Bagi yang ingin mengisi makalahnya tentang 'cara membuat pupuk kompos organik sederhana' anda bisa mengunakan referensi artikel ini sebagai bahan isi dari makalah yang anda buat.

Sebelum membuat pupuk kom-pos orga-nik yuk kita ketahui dulu manfaat sampah organik, berikut ini adalah manfaatnya.

1. Sampah ini tergolong sampah yang ramah lingkungan karena dapat di urai oleh bakteri secara alami dan berlangsungnya cepat.
2. Meningkatkan kesuburan pada tanah, karena bahannya organik dapat di urai oleh bakteri yang kemudian menjadi nutrisi yang sangat baik untuk pertumbuhan tanaman.
3. Tanah menjadi lebih subur dan pohonnya bisa tambah bagus tumbuhnya.
4. Ada juga limbah organik yang dapat di jadikan barang sesuai kreatifitas, hobi dalam bidang kerajinan, dan seni yang akan menghasilkan karya yang bernilai tinggi, seperti limbah akar tanaman untuk hiasan rumah, serbuk kayu untuk di jadikan mebel atau perabotan rumah tangga, sampah daun yang dijadikan seni kreatif seperti membuat gambar dengan daun.
5. kalau anda sudah tahu manfaat dari sampah organik ya syukur, tapi yang belum tahu harap di baca ulang biar bisa diingat sepanjang masa [catatan saya memberi tahu yang belum tahu saja]

Sesudah anda mengetahui manfaat yang didapat pada sampah organik kita lanjutkan ke cara membuatnya.

Bahan dan alat yang diperlukan:
1. Sampah organik, seperti daun atau bangkai hewan,
2. Pisau,
3. Linggis,
4. Cangkul,
5. Alas untuk memotong sampah organik,
6. Tempat untuk membuat pupuk organik atau bisa dikatakan penanpungan sampah,
7. Alat penunjang kebutuhan lain yang anda miliki yang akan mempercepat pekerjaan membuat pupuk kompos organik.

Cara membuatnya:
1. Pertama anda membuat sebuah lubang yang seperti sumur kira-kira diameter 1 meter kedalaman lubang 2 meter atau lebih juga boleh tergantung sesuai kemanpuan dengan mengunakan cangkul dan linggis.
2. Setelah lubang sudah jadi, tahap kedua sampah organik yang sudah anda kumpulkan sebelumnya anda ambil lalu potonglah kecil-kecil dengan pisau ingat hanya tumbuhan seperti dedaunan, batang, akar saja yang di potong, bukan bangkai hewan yang di potong ya.
3. Setelah anda selesai memotongnya, tahap ketiga adalah mengisi sumur atau lubang hasil galian anda dengan sampah yang organik yang anda potong tadi higga penuh.
4. Tahap keempat ya selesai dalam hal mengisi sumur dengan sampah organik, nah selanjutnya anda tutup dengan penutup yang terbuat dari beton (kalau anda belum bisa membuat penutup dengan beton anda bisa mengunakan plastik hitam/pembungkus semen sebagai penutup sementara].
5. Tahap terakhir adalah menunggu sampah organik terurai secara alami oleh bakteri.

Untu lama pengambilan pupuk yang ada di sumur saya beri waktu 1 bulan, kenapa satu bulan...

..karena kalau 1 hari sesudah pembuatan lalu anda mengambilnya ya masih dalam keadaan belum teurai walaupun sudah ada perubahan sedikit dari kemarin.

Tidak terasa artikel tentang cara membuat pupuk kompos organik sederhana sudah akan berakhir, bagaimana perasaan anda saat membaca artikel ini? seru bukan, apakah saya bisa membuatnya? tentu anda pasti bisa.

Kita sudah diberi anugerah untuk hidup di dunia ini beserta isinya dan manfaatnya. Untuk itu selagi kita hidup di dunia ini alangkah baiknya berbuat baik sebagai contohnya dengan membuat pupuk kompos organik. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai habis dan Praktekan secara langsung di dunia nyata anda dalam mengelola sampah organik.

Jangan lupa baca artikel lainnya di Ideal Informasi.

Comments

Popular posts from this blog

Arti Mimpi Muka Hitam atau Bernoda Hitam

Manfaat Daun Talas untuk Ternak dan bagi Kesehatan Anda

Arti Mimpi Melihat Gambar Hati Lambang Cinta