Manfaat Apel Sebagai Obat Herbal Alami

Ideal Informasi - Apel adalah jenis buah-buahan, atau buah yang dihasilkan dari pohon apel. Nama ilmiah pohon apel dalam bahasa Latin ialah Malus domestica.

Tumbuhan Apel dapat tumbuh dan berkembang biak dengan baik bila dibudidayakan di daerah dengan ketinggian sekitar 1200 meter di atas permukaan laut.

Apel budidaya adalah keturunan dari Malus sieversii asal Asia Tengah, dengan sebagian genom dari Malus sylvestris (apel hutan/apel liar).

Kini pohon apel berkembang di banyak daerah di dunia yang suhu udaranya lebih dingin (hidup subur di daerah yang bertemperatur dingin). Khususnya di Indonesia, apel yang terkenal berasal dari daerah Malang, Jawa Timur.

Gambar Pohon Apel

Apel dikategorikan sebagai anggota keluarga mawar-mawaran, biasanya buah apel kulitnya berwarna merah jika masak dan (siap dimakan), namun bisa juga kulitnya berwarna hijau atau kuning tergantung jenis apelnya. Kulit buahnya agak lembek, daging buahnya keras. Buah ini memiliki beberapa biji di dalamnya.

Tinggi pohon apel bisa mencapai 7 - 10 meter dengan daun yang mirip dengan daun mawar.

Apel dapat juga digunakan dalam banyak jenis makanan pesta. Apel dimasak sampai lembek untuk dibuat saus apel. Apel juga bisa dijadikan minuman misalnya jus, sari buah apel dan lain-lain.

Banyak manfaat yang kita dapat dari buah apel ini termasuk meningkatkan fungsi pencernaan, mencegah Al-zheimer, menjaga kesehatan gigi, obat asma, obat sakit lutut, pencegahan gangguan perut, batu empedu, sembelit, gangguan hati, anemia, diabetes, penyakit jantung, melindungi tulang, rematik, kanker, asam urat, dan mengurangi berat badan.

Apel dapat digunakan sebagai tumbuhan herbal alami yang dapat mengobati beberapa penyakit, di antaranya:

Untuk mencegah Al-zheimer

Pada apel tedapat kandungan quercetin yang akan melindungi otak kita dari radikal bebas yang membahayakan dan memicu penyakit seperti Al-zheimer. Cukup memakan buah apel secara rutin.

Untuk obat diabetes mellitus
Siapkan 1 buah apel ukuran sedang lalu belah menjadi 4 bagian. Kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga air tersisa 2 gelas. Minum pagi dan sore.

Untuk obat asam urat

Sediakan cuka sari apel, lalu campurkan satu sendok teh cuka sari apel yang sudah disediakan dengan segelas air. Dosis yang dianjurkan untuk diminum adalah 2 sampai 3 kali sehari. (Perhatian! Kami tidak menyarankan mengkonsumsi cuka atau buah apel secara berlebihan, hal ini karena apel mengandung konsentrasi besar fruktosa gula alami. Sebuah studi yang diterbitkan dalam “British Medical Journal” pada tahun 2008 menunjukkan bahwa asupan tinggi fruktosa – termasuk fruktosa dari buah-buahan seperti apel – dikaitkan dengan risiko yang lebih besar dari gout pada pria. Hal ini dapat terjadi karena fruktosa akan meningkatkan kadar asam urat).

Untuk mengurangi tingkat keasaman pada lambung

Selain berfungsi untuk memenuhi kebutuhan serat harian dan menjaga kesehatan gigi, buah apel dapat mengurangi tingkat keasaman pada lambung, Cukup sediakan satu butir apel yang sudah dicuci bersih, lalu makan satu butir apel setiap harinya tanpa membuang kulit apelnya. (Perhatian! jangan mengkonsumsi apel terlalu berlebihan).

Untuk obat diare
Sediakan buah apel yang sudah dicuci bersih terlebih dahulu, kemudian makan langsung buah apel tersebut yang belum begitu matang. (Perhatian! apabila masih diare, maka segeralah ke dokter).

Utuk obat sakit lutut
Resep 1: Sediakan 2 buah apel hijau yang dipotong kecil, 4-5 batang serai, Air kurang lebih 1 liter. Rebus apel sampai menjadi lembut, kalau belum tahu lembut atau tidak apel yang sudah direbus (cobalah tusuk apel itu dalam 15-20 menit dulu tergantung besar api yang digunakan, perhatikan apakah sudah lembut). Jika sudah lembut, matikan api Dinginkan (boleh diminum saat masih suam-suam kuku) dan simpan dalam kulkas.
Resep 2: Boleh menyaring air rebusan apel beserta serai, keluarkan serai dan boleh hancurkan apelnya untuk diminum sekalian. Minum 1-2 kali sehari.

Untuk mengurangi berat badan

Wanita yang mengkonsumsi buah apel atau pir setidaknya 3 buah apel (3 biji) per sehari selama diet, itu akan lebih cepat menurunkan berat badan, dibandingkan mereka yang tidak memasukkan/memakan buah-buahan dalam menu diet.

Maka dari itu jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi buah apel. Dengan mengkonsumsi buah apel secara teratur untuk mendapatkan hasil yang sempurna, dengan cara dimakan langsung tanpa membuang kulitnya atau dibuat jus buah.

Demikian catatan tentang Manfaat Apel Sebagai Obat Herbal Alami, dan saya rangkum dari berbagai sumber seperti wikipedia dan lain-lain. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Popular posts from this blog

Arti Mimpi Muka Hitam atau Bernoda Hitam

Manfaat Daun Talas untuk Ternak dan bagi Kesehatan Anda

Arti Mimpi Melihat Gambar Hati Lambang Cinta