Mengenal Manfaat Seledri untuk Kesehatan dan sebagai Obat Herbal

Manfaat Seledri untuk Kesehatan dan sebagai Obat Herbal - Seledri merupakan tanaman yang termasuk familia Apiaceae. Nama daerah: saladri (Sunda), seledri (Jateng, Melayu).

Seledri dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun tinggi tergantung cara penanamannya. Seledri dikategorikan sebagai tumbuhan sayuran sehingga banyak ditanam diperkebunan dan di sawah khusus menanam seledri.

Khususnya di Indonesia, daun seledri bisa dimanfaatkan sebagai pelengkap sayuran seperti untuk membuat sayur sup, soto, bakso, dan lain-lain.

Menurut ahli sejarah botani, seledri telah dimanfaatkan sebagai tanaman obat berkhasiat secara alami sejak tahun 1942.

Gambar Seledri

Pengembangbiakan tanaman seledri dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu: melalui bijinya yang ditanam atau dengan pemindahan anak rumpunnya ke media tanam lain seperti pot dan sebagainya.

Kandungan kimia: minyak atsiri (aliin dan alisin), saponin, polifenol, dan flavonoida.

Seledri dapat digunakan sebagai obat herbal (apotik hidup) untuk mengobati sakit hipertensi, penyubur rambut, sakit mata, wajah berminyak, asma, masuk angin, mual, dan rematik.

1. Hipertensi
Daun seledri secukupnya diperas dengan air masak secukupnya kemudian disaring. Diminum 3 x sehari 2 sendok makan. Lakukan secara teratur. (Perhatian, harap diingat penggunaan yang berlebihan dapat berbahaya!).

2. Untuk Penyubur rambut
Sediakan daun seledri beserta batangnya, lalu dicuci bersih dengan air kemudian dihaluskan dengan menggunakan blender atau cukup dengan ditumbuk sampai halus kemudian diberi air sedikit lalu diusapkan ke kulit kepala jadi bukan rambut tapi kulit kepala sambil dipijat-pijat merata menggunakan jari tangan, jika sudah merata diamkan selama kurang lebih 15 sampai dengan 20 menit lalu bilas dengan air bersih, kemudian keringkan.

3. Untuk Sakit mata kering

Sediakan 2 tangkai daun seledri yang masih segar, 2 tangkai daun bayam hijau, dan juga 1 tangkai daun kemangi, ketiga daun tersebut dicuci bersih lalu ditumbuk bersamaan sampai halus kemudian seduh dengan 1 gelas air panas dan disaring lalu diminum. (Perhatian, jangan diminum apabila air saringannya masih panas!).

4. Untuk Muka/wajah berminyak
Sediakan segenggam daun seledri, cuci bersih terlebih dahulu daunnya. Setelah selesai dicuci bersih lalu ditumbuk sampai halus. Anda bisa menggunakan hasil tumbukan saun seledri tersebut pada muka/wajah yang berminyak atau hasil tumbukan disaring lalu airnya di pakai untuk mencuci muka Anda. Kedua cara tersebut bisa dilakukan secara bersamaan. Lakukan sampai muka atau wajah anda tampak bersih dan tidak berminyak.

5. Asma
3 tangkai seledri dan 9 daun randu kapuk yang telah dicuci, lalu ditumbuk. Beri gula aren, sedikit garam dan 1/2 gelas air. Aduk rata, saring. Diminum sebelum sarapan 3 hari berturut-turut.

6. Rematik
1 tangkai daun seledri yang sudah dicuci dengan air bersih, lalu dimakan sebagai lalapan setiap makan.

Demikian catatan tentang Manfaat Seledri untuk Kesehatan dan sebagai obat herbal, dan saya rangkum dari berbagai sumber seperti wikipedia dan lain-lain. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Popular posts from this blog

Arti Mimpi Muka Hitam atau Bernoda Hitam

Manfaat Daun Talas untuk Ternak dan bagi Kesehatan Anda

Arti Mimpi Melihat Gambar Hati Lambang Cinta