Manfaat Dan Khasiat Bangle Bagi Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Bangle bagi Kesehatan - Tanaman bangle termasuk familia Zingiber montanum. Tanaman Bangle banyak di tanam di kebun atau pekarangan rumah sebagai apotik hidup. Tumbuh pada ketinggian 1300 m dpl.

Berkembang biak dengan melalui rimpang yang bertunas. Nama daerah tanaman bangle di Indonesia: mungle (Aceh), bengle (Gayo, Jawa Tengah), bungle (Batak), banlai (Minangkabau), kunyit bolai (Melayu), gundre boli (Nias), panglai (Sunda), pandiang (Madura), bangles (Dayak), Banggele (Bali), unil makei (Ambon), bangle (Ternate).


Bangle memiliki rimpang yang menjalar dan berdaging dengan bentuk tidak beraturan. Bila rimpangnya dibelah berwarna kuning muda sampai kuning kecoklatan.

Sudah sejak lama bangle digolongkan sebagai rempah-rempah (bumbu makanan) dan tanaman ini juga memiliki khasiat obat herbal alami. Bangle dapat digunakan sebagai obat alami untuk penyakit: sakit kepala, demam, batuk, perut nyeri, masuk angin, menghangatkan tubuh, sembelit, sakit kuning, cacingan, rematik, kegemukan, dan mengecilkan perut setelah melahirkan.

Cara Pemakain Bangle Bagi Kesehatan

1. Sakit Kepala

Untuk penanganan sakit kepala dengan menggunakan bangle, caranya siapkan bangle lalu ditumbuk sampai halus dan mencampurnya dengan sedikit air hangat hingga membentuk krim kemudian pijatlah kepala yang terasa sakit dengan tangan beserta krim bangle yang telah Anda buat. Cara ini tidak memberikan khasiat tertentu bagi tubuh, namun akan membuat otot menjadi rileks dan mengurangi sakit kepala.

2. Rematik

Rimpang segar secukupnya dicuci lalu diparut. Tambahkan arak lalu aduk sampai menjadi seperti bubur. Balurkan pada bagian sendi yang sakit.

3. Perut Mulas

Siapkan rimpang bangle, rimpang jahe, kencur, dan lempuyang wangi, masing-masing 1/2 jari. Semua bahan dicuci lalu diiris tipis-tipis. Rebus dengan 1 gelas air sampai tinggal 1/2 gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum.

4. Cacingan (Cacing Gelang dan Kremi)

3 jari rimpang bangle, 2 jari temu hitam, 5 biji ketumbar (ketiga bahan ini kulitnya di bersihkan terlebih dahulu lalu di bersihkan dengan air bersih) dan 5 lembar tangkai daun sirih dicuci lalu diiris-iris tipis semua bahan tersebut dan ditumbuk sampai halus. Tambahkan 1/2 gelas air matang, peras dan saring airnya lalu diminum.

5. Deman dan Masuk Angin

15 gr rimpang bangle yang segar dicuci lalu diparut, lalu diperas dan disaring airnya. Tambahkan 1/2 gelas air panas dan 2 sendok makan madu, aduk hingga rata. Minum 2 kali sehari.

6. Sakit Kuning

1/2 jari rimpang bangle dicuci bersih lalu diparut, kemudian peras dan saring airnya. Tambahkan air masak dan madu 1 sendok makan. Minum 2 kali sehari.

7. Menurunkan Berat Badan

Siapkan bangle, gula aren yang sudah halus, parutan, air, gelas. Caranya bersihkan bangle dengan air bersih setelah itu bangle yang sudah bersih diparut kemudian peras hasil parutan sampai keluar air dan taruh di dalam gelas, tambahkan gula aren secukupnya. Ramuan bangle siap di minum, Konsumsilah ramuan bangle tersebut setiap hari secara rutin 1 gelas per hari.

Manfaat dan Khasiat Bangle ini diketahui dari berbagai sumber dan Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Baca juga artikel informasi kesehatan:

Popular posts from this blog

Arti Mimpi Muka Hitam atau Bernoda Hitam

Manfaat Daun Talas untuk Ternak dan bagi Kesehatan Anda

Arti Mimpi Melihat Gambar Hati Lambang Cinta