Mengenal Pohon Enau Penghasil Gula Aren Untuk Obat Herbal

Ideal Informasi - Pohon Enau atau Punyan Jaka (Bali) termasuk dalam jenis palma, berakar kuat, menjalar ke mana-mana. Mempunyai banyak manfaat untuk manusia, menghasilkan gula aren dari niranya.

Batang pohonnya bisa di jadikan kerajinan tangan, daunnya bisa dipakai sebagai tempat makan sementara yang sudah dijahit, bunganya kalau sudah mekar serbuk sarinya dicari oleh serangga seperti lebah madu, buahnya berupa kolang-kaling berwarna putih dan biasa dijadikan campuran minuman segar.

Pohon Enau

Ijuk dan batang daun bisa digunakan untuk sapu, resapan air, membuat rambut palsu, atap rumah, atap tempat suci Pura yang berada di Bali, atau juga sebagai pengikat (tali), dan lain sebagainya.

Ada juga yang memanfaatkan tepung sarinya dari batang pohon bagian dalamnya untuk dijadikan sebagai bahan makanan (sagu).

Gula yang dihasilkan dari nira pohon enau atau jaka ini disebut gula aren (gula merah) yang dapat dijadikan sebagai bahan pemanis makanan dan minuman dan juga sebagai bahan obat herbal yang dapat mengobati beberapa penyakit, di antaranya: demam, sakit perut, dan sulit buang air besar (BAB).

Cara pemakaiannya sebagai berikut:

1. Untuk mengobati demam
Sediakan 1 gelas air hangat lalu dicampur dengan 1 potong gula aren kemudian diaduk-aduk sampai rata dan siap untuk diminum.

2. Untuk sakit perut
Sediakan 1 potong gula aren dicampur asam masak lalu masukan ke dalam 1 gelas air hangat, kemudian diaduk lalu diminum airnya.

3. Untuk sulit buang air besar (BAB)
Sediakan 1 gelas air hangat yang sudah dicampur dengan 1 potong gula aren, kemudian diaduk lalu diminum airnya.

Kandungan pada gula aren sering jadi pilian utama untuk ramuan pengobatan tradisional.

Demikian catatan tentang Mengenal Pohon Enau Penghasil Gula Aren Untuk Obat Herbal. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Popular posts from this blog

Arti Mimpi Muka Hitam atau Bernoda Hitam

Manfaat Daun Talas untuk Ternak dan bagi Kesehatan Anda

Arti Mimpi Melihat Gambar Hati Lambang Cinta